Twitter

Author Unknown - -
Home »


Cara Mengatasi BIOS Samsung Yang Tidak Mendeteksi Flashdisk

Untuk pertama kalinya saya menemukan kasus yang cukup janggal saat menginstall laptop. Netbook Samsung NP-NC 108P, membuat saya harus berpikir ekstra. Selama ini yang saya temukan semua jenis laptop memiliki BIOS yang memungkinkan untuk booting dari USB drive / flashdisk. Pada menu BIOS di bagian Boot Priority biasanya langsung tersedia semua device yang memungkinkan untuk booting, termasuk flashdisk.Tapi untuk Samsung NP-NC 108, tidak ada pilihan boot device selain dari hard disk. 

Setelah saya cari-cari penyebabnya di BIOS, akhirnya saya menemukan jawabannya. Jawaban yang sangat sederhana. Tapi namanya tidak tahu, mau sesederhana apapun, ya tetap tidak tahu. Ternyata, agar tersedia pilihan booting dari flashdisk maka pilihan Fast Boot Mode pada BIOS harus diubah dari Enabled menjadi Disabled. Pilihan Fast Boot Mode ada pada menu Advanced. Setelah itu, pilih save change and exit. Setelah itu, masuk kembali ke BIOS. Di sana, pada pilihan booting priority Anda akan menemukan flashdisk Anda sudah terdeteksi. Dan sekarang Anda bisa mengubah urutannya agar laptop Anda bisa booting pertama dari flashdisk.


Kemungkinan masih ada lagi tipe-tipe laptop yang lain yang memiliki BIOS seperti ini, terutama laptop keluaran samsung. Dan yang perlu Anda lakukan hanyalah mengubah Fast Boot Mode dari Enabled menjadi Disabled. Selamat mencoba.