Twitter

Author Unknown - -
Home »


Rantai Satria FU Berisik? Ini Cara Atasinya


Salah satu kekurangan motor Satria FU 150 adalah bunyi berisik yang keluar saat motor dipake di jalanan yang tidak rata apalagi jalanan berlubang sampai-sampai hati ini jadi miris ndengerinya, naik motor keren jadi ciut nyalinya gara-gara bunyi berisik yang ditimbulkan. Suara ini berasal dari gesekan antara rantai roda dan lengan ayun sehingga timbul suara "kemlonthang" ketika motor diajak ngetrek dijalanan yang tidak rata, tetapi sobat tak perlu kuatir karena kini telah ditemukan obat jitu yang diklaim mampu menyelesaikan masalah tersebut.

Bunyi berisik tersebut disebabkan oleh rantai yang sudah kendur karena lama tidak distel kekencanganya, maka sebagai pemilik motor kita sudah seharusnya memperhatikan perawatan salah satunya dengan menyetel rantai roda secara berkala, hal ini bisa juga disebabkan karena memang rantai telah uzur usianya, tapi jangan buru-buru sobat pergi ke toko onderdil untuk mengganti 1 set rantai yang baru karena hal ini dianggap percuma dan hanya buang-buang duit saja, karena hal penting yang jadi masalah adalah bukan pada rantai tetapi pada alas lengan ayun yang terbuat dari karet yang berbahan keras sehingga benturan antara rantai dan lapisan karet terdengar sangat nyaring.

Cara untuk mengetesnya adalah, posisikan motor dengan standar double, letakkan telapak tangan anda dibawah rantai kemudian tepuk rantai ke atas dengan keras dan perhatikan bunyi yang timbul seperti benturan antara dua logam yang keras, hal inilah yang membuat kita ciut nyali buat geber ni motor. Masalah utama sudah teridentifikasi sekarang tinggal mencari solusinya, jangan bingung cara ini sudah dipraktekan banyak rider dan terbukti berhasil.

Pertama yang harus anda lakukan adalah membeli karet alas rantai Jupiter MX di toko onderdil terdekat, harga kisaran 30.000 rupiah, kenapa dipilih alas rantai Jupiter MX, karena terbuat dari karet sintetis yang lebih lentur dan lunak jika dibandingkan dengan karet alas Satria FU, sehingga bunyi "kemlonthang" dapat diredam oleh nih karet, dan kelebihan lain yaitu bentuk serta dimensinya sama persis tinggal pasang.

Cara pasang karet alas ini lumayan sulit, silahkan meminta tolong bengkel untuk memasangkanya jika anda tidak bisa memasangnya sendiri, karena untuk memasangnya harus dengan melepas lengan ayun. Setelah pemasangan selesai setel rantai sesuai dengan standar kekencangan kemudian tes drive motor dengan menggebernya di jalanan yang tidak rata atau sedikit berlubang, dijamin bunyi "kemlonthang" hilang seketika dan nyalipun tak ciut kembali sehingga motor kesayangan terlihat semakin keren.
Semoga bermanfaat...